Monday, November 21, 2011

Final Sepakbola Sea Games 2011 @GBK




Senin, 21 November 2011 adalah waktu yang bersejarah buat bangsa ini, ingin merebut kembali medali emas cabang bergengsi yaitu sepakbola. Pukul 04.30 sore kami sudah tiba di stadium dan asap membumbung disekitaran parkir. Ternyata loket penjualan tiket dibakar oleh massa yang kecewa karena tidak mendapatkan tiket.

Ratusan dan bahkan ribuan suporter merah putih sudah siap disekitar Gelora Bung Karno hingga akhirnya kami berhasil mendapatkan tiket masuk pukul 05.30 sore. Sudah beberapa kali Indonesia menyelenggarakan pertandingan sepakbola internasional tapi seperti menyelenggarakan sepakbola antar kecamatan.

Suporter Vietnam terlihat hilir mudik, ternyata karena ada pertandingan antara Vietnam vs Myanmar yang dimenangkan oleh Myanmar 4-1. Suporter Vietnam tampak asik dan membaur dengan suporter Indonesia. Kami tampak sangat bersahabat sekali...

Pukul 07.00 stadion semakin padat hingga seluruh tribun berwarna merah dan teriakan para pendukung dengan yel-yel membuat kami merasa bangga. Inilah yang membuat saya selalu merasa ingin selalu mendukung timnas di GBK, karena rasa itulah yang membuat saya bangga.

Tidak ada suku, agama atau ras di sepakbola, tua, muda, berbagai macam kulit semua menjadi satu yaitu Indonesia. Inilah Indonesia yang sebenarnya, sangat beragam dan selalu bangga dengann kaos merah dengan logo burung garuda dan bendera merah putih.

Kegagalan hanyalah sebuah awal kemenangan, timnas U23 Indonesia masih harus banyak belajar. Belajar untuk memperkuat lini tengah dan tidak lengah sedikitpun. Kiper harus pintar membaca bola dan mental harus diasah.

Sakit memang ketika timnas U23 harus kalah dari Malaysia, lebih baik kalah dari negara lain dibanding dengan negri jiran. But this is the fact, we lost now. But we will win later....Thanks for timnas U23 yang sudah berusaha sekuat tenaga. Inilah saat-saat terbaik di Sea Games 2011, ada kemenangan dan ada kekalahan.....

Carpediem!!

3 comments: