Friday, July 23, 2010

Eric Chang - A Young and Talented Photographer from Indonesia




Ketika membuka website PX3 Prix De La Photographie Paris, sebuah ajang penghargaan bagi para fotografer berbakat diseluruh dunia, saya terkesima dengan seorang pemenangnya yang bernama Eric Chang dengan salahsatu hasil karyanya diambil digunung Bromo, Jawa Timur. Dan setelah berfacebookan dengan Alex - baru tahu kalau Eric Chang ini ternyata seorang WNI dan masih sangat muda umurnya, 20 tahun.

Diajang bergengsi tersebut, ia berhasil mendapatkan juara pertama serta juara kedua ditiga kategori advertising dan bahkan menyabet dua juara di kategori beauty sekaligus. Ketika ia membidik Miss Netherlands – Sharita Sopacua, hasilnya sangat menawan. Total ia mendapatkan 5 penghargaan di kategori Advertising serta 1 penghargaan untuk kategori Potret Keluarga. Khusus untuk potret keluarga, karya eric berupa foto yang diambil dari poster film SEPULUH.

Saat ini Eric Chang masih studi di Art Centre College of Design di Pasadena, California - negri Paman Sam. Ketika di Indonesia dan masih berumur 18 tahun, ia pernah membuat sebuah pameran yang bertajuk "Primero" di Mid Plaza 2, Jakarta. Pameran fotogafi tersebut memuat 50 publik figur Indonesia seperti Kris Dayanti, Luna Maya, Adie MS, serta Ruth Sahanaya, dll.

Dari sebuah tayangan youtube, ia bercerita bahwa dulu ia sempat ingin menjadi seorang dokter. Dan kini hobinya menjadi sebuah karya seni yang layak diacungkan jempol dan bahkan sudah diakui dunia. Muda dan berbakat, tapi sayang tidak banyak orang tahu mengenai dirinya apalagi dimedia massa Indonesia yang saat ini lebih suka memberitakan hal-hal yang tidak penting. Padahal masih banyak orang Indonesia yang karya serta bakatnya diakui oleh dunia dan membanggakan negara ini.

Mungkin saat ini lebih baik Eric berkarya dan mengukir tinta emas diluar negri agar diakui secara internasional dan bisa bereksplorasi lebih banyak. Suatu saat kita bisa menyaksikan hasil karyanya kembali dalam bentuk sebuah pameran fotografi di Indonesia. Carpediem!!

5 comments:

  1. salam kenal ya... sori sedikit revisi saja nih, setelah baca review anda diatas... sepertinya karya Bromo (2nd place winner) itu milik saya (Dewi Puspasari). Eric Chang memang sungguh berbakat, saya ikut bangga sbg WNI.

    ReplyDelete
  2. yup...yg ngambil pinter, makanya menang di paris

    ReplyDelete