Monday, August 14, 2006

psiko test

Entah sudah berapa kali saya mendapatkan panggilan interview yang diiringi dengan psiko test. Yang ada di otak saya hanyalah bagaimana caranya saya bisa lolos psiko test.

Tanpa persiapan apa-apa untuk psiko test, tepat pukul 08.30 pagi saya sudah tiba di tempat yang telah ditentukan. Dalam ruangan test, wajah-wajah kaku, tegang dan tidak ada yang saya kenal sama sekali telah menyapa saya pagi itu. Saya segera memilih tempat duduk yang nyaman.......biasa saya memilih yang paling pojok.

Karena saat itu bagian pojok sudah terisi oleh kandidat lain, saya memilih bangku dengan nomor B4.........tapi saya pikir lagi.....menurut perhitungan cina, angka 4 adalah angka mati yang bisa membawa sial buat saya pagi itu. Saya kemudian pindah ke bangku nomor B3.....3 adalah angka favorit saya.....kalau dijumlah angka tanggal lahir saya juga akan menjadi angka 3.... 1 + 2 = 3.........

hampir 30 menit saya menunggu waktu psiko test dalam suasana mengantuk.....karena tidak tahan saya segera keluar ruangan untuk menghisap sebatang rokok putih kegemaran saya....

setelah selesai sebatang rokok, saya kembali kedalam ruangan test. Tidak lama kemudian waktu test dimulai dengan perkenalan dari pihak outsourcing.......dan cara-cara menjawab pertanyaan yang diberikan.....

arghh...ternyata bentuk psiko testnya tidak pernah berubah dari tahun ke tahun....kalau otak saya sehebat komputer .....mungkin jari-jari tangan saya sudah mahir dalam mengisi jawaban dari 50 pertanyaan yang diberikan. Gambar-gambar belaka yang sebenarnya hanya berisi logika berpikir dan menganalisa dengan cermat, menjadi salahsatu kiat tercanggih menaklukkan psiko test yang semakin lama semakin membosankan buat saya.....

beruntung saya masih mengingat beberapa tehnik dalam mengisi jawaban psiko test. Test selanjutnya adalah menggambar.....saya disuruh menggambar seseorang dan pohon....beragam pertanyaan dari para peserta test diajukan yang mebuat saya semakin bosan...........padahal paling mudah menggambar orang dan pohon yang lengkap dengan daun yang lebat, batang yang kokoh, buah2an yang banyak dan akar pohon yang jelas.....bukan pohon toge atau nanas yang akan digambar.........hehehe.....padahal sikh saya juga tidak becus2 amat dalam menggambar. Dari SD sampai seumur ini, keahlian menggambar saya bisa dinilai dengan angka 6 saja...........

akhirnya waktu yang telah ditentukan selesai......kami diberikan waktu rehat selama 1 jam untuk makan siang. Setelah rehat makan siang, diumumkan yang berhasil lolos psiko test tahap 1.........hanya 15 orang yang lolos psiko test termasuk saya. Masih dalam suasana kenyang dan ngantuk........psiko test tahap ke dua dimulai. Test logika yang semakin membuat saya bosan...........dan rasa kantuk tidak bisa saya hapuskan saat itu. Kemudian mengisi deret hitung .........huh another test......ada salah satu teman saya dulu sanggup menghabiskan dua lembar deret hitung......wow....amazing....sementara saya hanya bisa selembar bolak balik saja.....dan kali ini tidak sampai habis....hanya 1,5 lembar saja....


Test selanjutnya MBTI.........ada dua pilihan yang kita suka dan tidak suka..........sebanyak 80 pertanyaan ditambah 225 pertanyaan......huh semakin membosankan. Saya menjawab semau otak saya........sambil mengisi bulatan-bulatan....separuh mata saya tertutup karena rasa kantuk yang luar biasa.....pernah suatu saat saya sempat tertidur saat mengisi test ini.......

Duh masih belum selesai juga rupanya.....masih ada test menggambar yang berisi 8 kotak kecil.........rasanya saya mau kabur saja........tapi koq sayang...saya sudah 1/2 perjalanan....Akhirnya selesai juga dan selanjutnya interview. Padahal saya paling awal menyelesaikan test MBTI walau diderai rasa kantuk yang ruar biasaaaaaa....tapi sialnya karena lokasi rumah saya tidak terlalu jauh, saya dipanggil no.5 dari belakang............menyebalkan....

tepat pukul 4.30...test selesai.........dan lega rasanya.....but the journey hasn't been over yet...........huh........

2 comments:

  1. Halo arief, salam kenal, saya mao tanya ya ttg psikotest, karena sy akan ikut test ini & ini baru pertama kali; teknik2 untuk mjawab psikotest bisa didapat dimana ya?
    Thanks a lot -devi-

    ReplyDelete
  2. Halo arief, salam kenal, saya mao tanya ya ttg psikotest, saya coba cari infonya di google n ada alamat blog ini n pas saya baca kayaknya kamu familiar sama tes ini. Sy akan ikut tes ini minggu depan & ini baru pertama kali; dan yg sy mau tanyakn ya: "teknik2 arahan mjawab psikotest bisa didapatkn dimana ya?" krena dr blog ini spertinya kamu tahu cara2 menjawab psikotes & kmu jg dah sering sukses lwatin tes ini. Thanks a lot ya -dv-

    ReplyDelete