Wednesday, June 16, 2010

The Brothers

When a war is over, it only leaves a wound....
Entah apa yang ada dibenak negri paman sam saat ini ketika mengetahui bahwa Afghanistan menyimpan cadangan mineral berjuta trilliun yang bisa membuat sebuah negeri menjadi kaya raya. Sebuah peperangan yang terus dipertahankan atau sebuah keadilan bagi rakyat Afghanistan.

Film The Brothes besutan sutradara Jim Sheridan menceritakan sebuah keluarga kecil di Amerika Serikat yang rapuh akibat sebuah perang yang dijalankan oleh negara adidaya tersebut. Peperangan telah mencabut nyawa jutaan org dan menghilangkan semangat hidup jutaan veteran yang selamat.

Tom Cahill dan Sam Cahill adalah kakak beradik, Sam akan berangkat ke Afghanistan untuk berperang melawan Taliban dan segera meninggalkan anak serta istrinya. Kerapuhan dalam keluarga besarnya memberikan perpisahaan yang tidak mengenakan antara kedua kakak beradik tersebut.

Dalam peperangan melawan Taliban, Sam Cahill dinyatakan hilang dalam tugas dan jenazahnya tidak ditemukan. Ternyata Sam masih hidup dan menjadi tawanan Taliban yang harus menghadapi serangkaian penyiksaan yang membuat jiwanya terganggu.

Sementara keluarga di Amerika sudah pasrah menerima keadaan bahwa Sam meninggal dunia dan sebagai kakak - Tom Cahil mencoba untuk menata kembali keluarga adiknya yang dilanda kesedihan akibat peperangan. Waktu demi waktu berjalan dan kehangatan membuat semua yang ada dikeluarga tersebut kembali hidup dan sedikit melupakan masa lalu.

Hingga tentara Amerika menemukan Sam Cahil masih hidup dan alhasil membawakan kembali ke Amerika dan bertemu dengan keluarganya. Disinilah cerita berkembang...ada kedinginan, kebingungan, ketidakpercayaan dan semua yang ada dikeluarga ini menjadi berantakan.

Kekuatan dari film ini dibangun oleh kekuatan akting para pemainnya sehingga tidak aneh apabila film yang bercerita sederhana ini memikat hari para juri di Oscar 2010 dan mendapatkan beberapa nominasi. Sebuah sentilan mengenai peperangan yg dilakukan oleh negri Paman Sam, walau bagaimana pemerintahan Obama sepertinya harus memperpanjang perang di Afghanistan dengan sebuah alasan yang irrasional....kebebasan yang naif.

Words will land on me
Then abandon me
Leave me stranded
[..] on the door

No comments:

Post a Comment