Friday, September 24, 2010

Cantiknya Pulau Biawak di Indramayu, Jawa Barat




Siapa yg tidak kenal dengan Indramayu, negri penghasil mangga yang terkenal dan konon gadisnya yg cantik-cantik. Dibalik paradox kehidupan yang serba menghanyutkan, kemiskinan yang masih banyak terdapat dipantai utara pulau Jawa ini, Tuhan masih menyisakan sebuah surga kecil yang tiada tara.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Indramayu mempunyai sebuah surga kecil berupa sebuah pulau yang menyimpan biawak yg konon sudah satu abad menetap dipulau ini. Mereka tinggal diantara rerimbunan pohon bakau sementara dilepas pantai, minyak mentah tersimpan diperut bumi Indramayu.

Tidak banyak yang tahu, termasuk saya ketika menyadari bahwa pulau ini menyimpan sejarah yang panjang ketika Belanda mulai membangun mercusuar diabad ke 18 untuk mengatur lalu lintas air yang cukup ramai ketika akan memasuki kota Cirebon.

Biawak dipulau ini ada yg jinak dan ada yg masih liar, tetapi kita masih bisa melihat dari dekat ketika mereka mencium bau amis ikan yang disediakan oleh penjaga pulau. Perjalanan 3-4 jam dari kota Indramayu akan terbayarkan dengan pasir putihnya dan deburan ombak yang seakan selalu menyapa kedatangan kita dipulau ini.

Pemda masih disibukkan dengan segala hal yg ada didaratan Indramayu, transportasi kepulau ini masih cukup mahal dengan perahu boat sebesar Rp 750,000 untuk 10 seats. Padahal potensi wisatanya cukup mengejutkan dan membanggakan bagi masyarakat kota mangga ini.

Seperti biasa, pariwisata dinegri antah berantah yg terindah dimuka bumi ini selalu dipusingkan oleh budget promosi yang rendah, pengembangan SDM yang kurang dan manajemen pengelolaan wisata yang amburadul.Seandainya pemimpin negri ini lebih tegas dan berwawasan kedepan, pariwisata akan menjadi ujung tombak di negri sejuta pelangi ini...

7 comments:

  1. Apa ada penginapan di pulau itu?
    Sayangkan... perjalanan yg lumayan jauh kalau gak nginep.

    *saya twit linknya yah?

    ReplyDelete
  2. Cakeppp..
    Biawaknya lucu
    Nihh berangkat ksananya bareng grup gebraker g om yg brngkatnya tgl17sep lalu..

    ReplyDelete
  3. @biawak liar galak tauu n nggak ada penginapan dipulau itu jadi harus pp
    @vianwar.....nggak sikh....

    ReplyDelete
  4. Hi Salam Kenal, apakah ad ainfo untuk penginapan dan akomodasi selama disana?

    Thanks
    Mels
    email : melschix@gmail.com
    ym : chicabello_999

    ReplyDelete
  5. akomodasi hanya ada dikota indramayunya saja...dipulau tersebut tidak ada mbak

    ReplyDelete