Monday, December 14, 2009

Fish Spa @Cigugur, Kuningan - West Java




Jarak Cirebon - Kuningan hanya 24 km atau dengan waktu tempuh selama 45 - 1jam dan kota ini berada dipegunungan dan hawa sejuk dapat dinikmati. Ada dua tempat tujuan utama yaitu Pemandian Cibulan dan Gua Maria Sawer Rahmat di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Jalanan menanjak yang beraspal bagus membuat perjalanan menjadi terasa dekat.

Pemandian Cibulan dibuat pada tahun 1939 dan dikolam yang cukup luas ini kita bisa melihat ikan Dewa atau Kancra Bodas atau nama latinnya Cyprinus Carpio. Kolam yang berair jernih dan tidak pernah habis walau musim kemarau ini, membuat rasa penat saya hilang. Apalagi ketika melihat ikan-ikan besar bebas berenang bersama manusia.

Ikan jinak ini dianggap keramat oleh masyarakat sehingga tidak ada satupun yang berani mengambilnya. Konon ikan ini merupakan penjelmaan dari para prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang dan dikutuk menjadi ikan. Yang aneh ketika kolam ini dikuras airnya untuk dibersihkan, ikan-ikan ini menghilang. Dan dibagian kanan kolam terdapat 7 buah sumur dan konon bisa menyembuhkan penyakit. Tapi yang sangat saya sayangkan mengenai kebersihan area setempat. Tiket masuk sebesar Rp 3000 sepertinya tidak bisa untuk memperbaiki fasilitas yang tersedia.

Selepas dari Cibulan saya menuju ke kolam Cigugur yang konon bisa melakukan fish spa. Fish spa kini sedang naik daun di Indonesia dan bisa ditemukan dimal-mal dengan membayar Rp 65.000. Tapi di Cigugur, kita hanya membayar tiket masuk Rp 3000 saja.

Kolam seluas 1 hektar ini membuat saya penasaran, ternyata puluhan orang siang itu sedang asyik mencelupkan kakinya kedalam air bening yang cukup dingin. Saya bergegas menggulung celana jeans dan mencelupkan kedua kaki saya. Wow!!

Ikan-ikan kecil (Kancra Bodas or ikan dewa) segera mengerubungi kaki saya dan menggigiti, rasa geli segera menghambur keseluruh tubuh. Aneh saja rasanya ketika ikan-ikan kecil itu mengerubungi kaki dan memakan kulit mati. Lama kelamaan tidak terasa dan malah semakin mengasyikkan.

Konon fish spa ini bisa menyembuhkan rematik dan penyakit kulit lainnya. Buat saya kolam ini memberikan relaksasi setelah perjalanan jauh. Alamnya yang menarik, ratusan bahkan ribuan ekor ikan tersebar dikolam ini menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Dari situs, diberitakan bahwa ikan ini dibawa oleh para pendeta Eropa sekitar abad 13 - 16 dan menyebar disungai Rheine, Jerman. Aslinya ikan ini berasal dari Cina, Siberia dan Sungai Danube. Mungkin ikan ini dibawa oleh para rohaniawan Katolik pada jaman Belanda. Ada kesamaan ikan ini dengan ikan garupa asal Turki yang biasa digunakan untuk fish spa di mal. Cuma bedanya dicigugur dan cibulan, ikan ini hidup di air dingin bukan diair hangat.....

Well..inilah salahsatu keunikan dari negri kita Indonesia....negri yang sangat cantik alamnya dan bahkan banyak hal yang tidak dimiliki oleh orang lain....mau coba? Tidak jauh dari tol Cirebon - Kuningan....it's a must to visit.

1 comment: