Thursday, July 21, 2011

Beautiful Iran




Persia..siapa yang tidak mengenal sebutan kata ini untuk sebuah negara yang berada di Timur Tengah yaitu IRAN. Negeri yang didirikan sekitar 3200 SM ini mempunyai sejarah yang cukup tua dan mengesankan. Pada abad 8 M, Islam masuk kedalam kehidupan masyarakat Persia. Dan kemudian berkembang menjadi sebuah kerajaan yang sangat mengagumkan baik serta menyebarkan filsafat, karya seni, ilmu sains dan tehnik kesegenap penjuru dan bahkan ke dataran Eropa.

Dari Jakarta, kini Emirates menerbangi rute Jakarta - Dubai - Teheran 2 x dalam seminggu dan memakan waktu selama 4 jam perjalanan. Negri ini menyimpan bangunan sejarah Islami yang mengagumkan terlepas dari seluruh masalah politik dan agama.

Dan satuhal, negri ini juga terdapat Gereja dan bahkan Sinagog bagi pemeluk Kristiani dan Yahudi yang tergolong minoritas. Berbagai masjid bisa kita kunjungi dan terutama bagi para penganut Shiah. Ada beberapa tempat yang patut dikunjungi.

Beragam masjid menampilkan mozaik yang menawan dan mengundang decak kagun, mulai dari mozaik porselen berwarna biru yang dijamannya blm dikenal tehnologi untuk membuat porselen secantik itu.

Kubah dalam bagian masjid yang berlekuk-lekuk untuk menimbulkan suara anti gema sehingga tidak diperlukan pengeras suara serta taman-taman kota yang sangat menawan dan dijamin bersih.

Bayangkan aliran air berjalan dengan sangat jernih serta bunga-bunga ditaman yang berwarna warni dan biasa anda nikmati dimusim semi serta panas yang hangat disana. Semuanya adalah hasil karya agung bangsa Persia yang memukau dunia.

Selain itu dibandar Turkaman, Anda bisa membeli caviar kalengan yang terbaik didunia dengan harga yang sangat murah. Serta anda bisa menikmati peninggalan masa lampau di era sebelum Islam yaitu dikota Bam Citadel serta Persepolis. Pandangan mata anda akan dihibur dengan patung2 kuno serta bangunan megah dimasanya.

Isfahan adalah salahsatu kota tercantik di Republik Islam Iran, dimana anda bisa menikmati jembatan kuno yang sangat indah - The Khaju Bridge sambil duduk-duduk dicafe kecil dan menimakti penganan khas - Baglava. Dimalam hari jembatan ini akan terasa begitu magic, aliran air sungai yang jernih dan dingin serta lampu sorot semakin menambah romantisnya suasana dimusim panas. Tetapi disini, muda mudi yang dilarang berpacaran didepan umum.

Iran memang sebuah negri seribu satu malam yang sesungguhnya....

6 comments: