Thursday, July 21, 2011

MRI CT Scan @ MRCC Siloam Hospital Semanggi

This is my first time to do this. MRI atau Magnetic Resonance Imaging adalah sebuah pemeriksaan yang bersifat non-invasif yang menggunakan medan magnet yang kuat, gelombang frekuensi radio dan sebuah komputer untuk menciptakan gambar organ, jaringan lunak dan struktur organ internal dalam tubuh secara detail.

Pagi tadi saya memberanikan diri untuk melakukan medical check up disebuah rumah sakit MRCC Siloam Hospital Semanggi yang baru saja diresmikan oleh SBY. Setelah membayar biaya administrasi, saya menunggu diruangan lobby yang terletak dilantai 2 rumah sakit tersebut. Jangan bayangkan saya berada dalam rumah sakit, this is a five star hospital dengan pelayanan yang maksimal.

Ketika saya datang, sudah disapa oleh reception dan diantarkan menuju keruang administrasi serta sofa yang empuk, lukisan seni yang bernilai tinggi dipenjuru ruangan, lantai marmer yang mengkilap serta tempat yang sangat bersih. Jauh dari bayangan rumah sakit biasanya di Indonesia, agak menakutkan dan disini saya merasa seperti dihotel dan sangat nyaman.

30 menit kemudian saya diantar untuk konsultasi dengan dokter serta dicek tensi darahnya, setelah selesai saya dibawa keruang ganti. Seluruh pakaian dicopot dan semua yang berbahan magnet harus dilepaskan karena akan mengganggu proses CT Scan. Dan sekali lagi saya diantar oleh petugasnya yang sangat ramah menuju ke ruang MRI.

Sebuah ruangan berukuran 15 x 15 m yang didalamnya terdapat sebuah alat supermodern dgn merk Philips, kemudian saya disarankan untuk berbaring. Ada perasaan takut karena baru pertama kali melakukan pemeriksaan medis seperti ini.

Bagian kepala saya direkatkan dengan sebuah alat dan bagian badan ditutupi selimut untuk menghindari dinginnya AC. Kemudian saya dipegangi sebuah alat untuk memanggil petugas apabila ada sesuatu yang diinginkan selama pemeriksaan berlangsung. Setelah tiduran, saya diberi headset untuk menghindari suara bising alat tersebut. Pemeriksaan berlangsung selama 30 menit dan saya dilarang untuk bergerak .

Perlahan-lahan tubuh saya masuk kedalam ruangan sempit dan dalam hati saya selalu menyebut nama Allah SWT agar diberi perlindungan, Rasanya seperti masuk kedalam peti mati dan semuanya begitu hening hingga lantunan musik terdengar. Saya terus memejamkan mata dan perlahan mesin MRI tersebut bekerja.

Suara bising agak mengganggu dan itulah fungsi dari headset tersebut. Ketika MRI sedang bekerja mengambil foto organ tubuh saya, magnetnya begitu terasa. Karena tubuh manusia sebenarnya mengandung magnet dan bulu halus berdiri ketika pemeriksaan terjadi,

Alhamdullilah, 30 menit segera berakhir dan rasanya seperti 1 jam saja. Memang diperlukan keberanian untuk melakukan hal ini, tapi demi kesehatan saya siap untuk melakukan apa saja agar terhindar dari penyakit.

Fungsi dari MRI sendiri untuk melihat kelainan pembuluh darah dalam otak, melihat adanya tumor serta gangguan stroke. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Bismillah....

No comments:

Post a Comment