Tuesday, December 25, 2007

Beijing Dream 2008

Pada awal tahun 2000, dunia dihebohkan oleh sebuah buku yang memuat tentang sebuah perkiraan yang dibuat oleh pengarang terkenal John Naisbit. Didalam bukunya, ia menulis bahwa suatu saat negri tirai bambu akan menjadi salahsatu pilar ekonomi dunia. Bahasa mandarin akan digemari oleh penduduk dunia untuk dipelajari.

 

                Saat ini perkiraan itu telah terwujud. Negri tirai bambu itu diakhir tahun 2007 ini telah membukukan asset kekayaan nasional terbesar didunia mengalahkan negri paman sam dinomor dua dunia. Pemerintah Cina sedang giat membangun saat ini, dimana-mana banyak pembangunan gedung tinggi dan infrastruktur yang sangat megah serta canggih. Terlebih lagi saat ini Cina sedang menunggu event dunia pada tanggal 8 – 8 – 2008 yaitu Olimpiade Beijing 2008.

 

                Two thumbs up!!!! Stadion Olimpiade Beijing dibangun sangat memikat dari sisi arsitektur dan dari sisi tema sangat menarik yaitu “Green Olympic”. Stadion Olimpiade yang dibangun oleh para arsitek asing tersebut, mengambil inspirasi dari sebuah sarang burung. Ada lagi yang memikat yaitu Stadion Aquatic nasional yang berwarna biru dan diinpirasikan dari titik air.  Pada malam hari stadion aquatic tersebut akan berwarna biru seperti air yang mengalir. Belum lagi sebuah gedung Opera Beijing yang terbaru, diambil dari posisi Yin and Yang......dengan dikelilingi sebuah kolam air. Bagaikan sebuah telur besar yang berada di tengah kolam air yang bening, wonderful!!!

 

                Salahsatu teman saya bercerita pada saat 10 tahun yang lalu ia menginjakkan kaki di kota Shen Zen, kota tersebut sangat terbelakang. Kalau di Indonesia, ia mengibaratkan kota Surabaya yang semrawut. Hanya ada satu atau dua bangunan tinggi disana serta tidak memikat. Kini ia terbelalak, dimana-mana bangunan pencakar langit, jembatan fly over dimana-mana, taman bunga disana sini.

 

                Cina memang hebat.....dahulu teman saya hanya suka ke Shanghai yang menurutnya metropolis dan masih beradab dibandingkan tinggal di Beijing. Menurut teman saya yang lama tinggal di negri tirai bambu, kota Beijing amat jorok. Setiap orang seenaknya saja meludah disembarang tempat dan maaf (bahkan untuk buang hajat juga), toiletnya sangat kotor sekali, bus umum juga. Pokoknya menurutnya Jakarta masih lebih baik......and Shanghai is the best for him.

 

                Tapi kali ini Beijing sedang berbenah....pemerintah lokal sedang berusaha untuk memperbaiki fasilitas umum dan serta giat mengajarkan warganya agar hidup beradab serta santun. Ratusan relawan mengajarkan kepada para warga Beijing untuk bisa mengucapkan salam dalam bahasa Inggris serta tersenyum kepada para tamu dari berbagai negara yang akan datang nanti diu bulan Agustus 2008.

 

                Cina is booming.........dari sebuah negeri tertutup yang berhaluan komunis, kini menjadi menjadi singa asia (bukan macan asia lagi) yang terbuka bagi para investor asing. Bayangkan apa saja yang tidak bisa dibuat oleh bangsa Cina...semua bisa dibuat atau dipalsukan........mungkin hanya ras manusia saja yang tidak bisa dibuat dan dipalsukan oleh bangsa Cina saat ini.

 

                Pada saat saya ingin membeli sebuah hadiah mainan untuk anak tetangga yang baru berumur 1 tahun, saya menyempatkan diri mampir ke pasar prumpung didekat underpass kampung melayu dan by pass. Karena konon harganya murah sekali dan memang benar sangat murah sekali. Dan tebak saja .....semuanya made in China. Hasil manufaktur mereka sangat bagus dan harganya sangat bersaing. Ada sebuah mall berlantai empat dan luas di Cina yang isinya memamerkan produk-produk manufaktur Cina.......jangan hanya sehari mengunjungi mal ini....dijamin tidak akan puas oleh para pebisnis.

 

                Belum lagi pada saat bulan puasa kemarin saya mengantarkan mama dan saudara saya berbelanja di pasar tanah abang serta mangga dua. Hasil textil serta garmen mereka hampir merajai dagangan para penjual textile dan garmen di dua tempat tersebut. Dan ada beberapa penjual dari negri Cina yang menawarkan dagangannya di Mangga dua dengan bahasa mandarin dan bahasa tarzan dengan calon pembelinya, karena pas saat tawar menawar mereka tidak bisa berbahasa Indonesia, kalkulator adalah senjata mereka.

 

                Salahsatu teman saya yang arsitek, menceritakan bahwa harga baja saat ini melonjak beberapa kali lipat karena permintaan baja oleh pihak Cina meningkat tajam. Para pabrikan baja nasional lebih suka mengekspornya ke Cina untuk mendapatkan keuntungan tinggi dibanding dijual dipasaran lokal. Gejala tersebut sudah berlangsung selama dua tahun belakangan ini. ...termasuk dengan pasokan semen dan kayu.

 

                Di tayangan National Geographic beberapa waktu yang lalu, mereka menayangkan sejumlah kecanggihan pembangunan di negri tirai bambu tersebut. Kereta peluru berkecepatan tinggi yang biasanya hanya kita saksikan di Jepang, Korea Selatan serta Taiwan. Kini sudah bisa berjalan mulus disepanjang puluhan bahkan akan ratusan kilometer di Cina. Perusahaan Jawatan Kereta Api di Cina berkembang pesat, jalur subway di Beijing sedang dibangun dan berlari dengan hitungan hari...dateline sebelum pekan Olimpiade Beijing dimulai harus sudah selesai.

 

                Forbidden City yang menjadi national treasure Cina kini sedang dipugar habis-habisan, miliaran dollar dihabiskan untuk menerima tamu pada saat olimpiade nanti. Pada saat pemugaran banyak ditemukan artefak-artefak kuno disejumlah tepat seperti di atap balai utama Forbidden city berupa ratusan gulungan kertas yang berisikan tentang ajaran Budha.  Bukan ditempat itu saja ditemukan artefak kuno, di lokasi pembangunan kawasan green olympic juga ditemukan situs kuil kuno dan sejumlah benda – benda kuno lainnya.

 

                Ekonomi di Cina berkembang sangat pesat sekali, banyak orang kaya Cina baru bermunculan serta banyak perusahaan nasional Cina masuk dalam daftar perusahaan terbaik di dunia dalam hal aset. Sejak pemerintah Cina membuka diri dalam hal investasi asing di negrinya, negri ini berubah pesat.

 

                Dalam bidang seni kontemporer, artisan Cina saat ini sedang dilirik oleh para kolektor lukisan asing dari penjuru dunia. Lukisan-lukisan para seniman dari negri tirai bambu ini melonjak tinggi dari sisi nilai beberapa tahun belakangan ini. Berbagai galeri seni menjamur di sejumlah kota seperti Beijing, Shanghai dan kota-kota besar lainnya.

 

                Dari sisi sinema, film-film buatan sineas tirai bambu banyak digemari diseluruh dunia dan bahkan di Hollywood sendiri. Film-film mereka sangat artistik sekali dan bertehnologi tinggi.

 

                Dalam bidang tehnologi, Cina unggul dalam berbagai bidang. Mereka sudah bisa membuat roket ke antariksa, mesin-mesin bertehnologi tinggi, peralatan perang serta pesawat tempur.

 

                Tapi perkembangan ekonomi dan kemajuan disejumlah bidang tersebut memberikan sejumlah coretan tinta merah seperti berkembangnya praktek korupsi yang dilakukan oleh para pejabat Cina saat ini. Walau saat ini pemerintah komunis Cina sangat keras dalam hal ini, seperti beberapa waktu yang lalu pemerintah Cina membuat suatu pameran yang berisi tentang mereka yang dihukum gantung karena menerima suap atau melakukan korupsi. Foto-foto mereka yang telah dihukum gantung serta catatan sejarahnya mengapa mereka dihukum gantung ditata sedemikian rupa layaknya sebuah pameran lukisan di  galeri nasional. Tujuannya adalah untuk memperbaiki image pemerintah Cina dimata investor asing serta mengajak masyarakatnya untuk tidak melakukan praktek korupsi atau suap. Bahkan hukuman gantung dilakukan secara terbuka sehingga masyarakat lokal bisa melihat secara langsung. Foto-foto mereka yang akan dihukum gantung pun ditayangkan di media lokal setempat....something good to be learnt.....

 

                Pembangunan di sejumlah kawasan perekonomian juga memberikan dampak yang buruk. Gedung-gedung tua dan bersejarah banyak yang tergusur agar bisa dibangun apartemen mewah atau pencakar langit. Masyarakat lokal banyak yang tergusur, arus urbanisasi tidak terbendung. Pertumbuhan ekonomi di Cina sebenarnya hanya dinikmati oleh masyarakat Cina bagian selatan. Sementara masyarakat daratan Cina bagian utara masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka berbondong-bondong datang ke kota-kota besar di wilayah selatan untuk mencari nafkah. Pengangguran banyak ditemukan dimana-mana, ketimpangan sosial terjadi dimana-mana.

 

                Gegar budaya juga terjadi di masyarakat Cina sendiri, mereka sedang melek fashion dan seni. Sementara kesenian lokal mulai terpinggirkan dan para artis kehilangan rejeki. Hanya mereka yang mempunyai koneksi yang baik dengan para pemilik galeri yang bisa bertahan. Masyarakat muda Cina saat ini sedang menggandrungi budaya asing, makanan asing seperti fast food, gaya berbusana dan trend berbahasa Inggris. Lucunya ada yang bisa menghafal isi satu kamus bahasa Inggris – Mandarin. Suatu saat nanti budaya adiluhung Tiongkok hanya sebagai etalase bagi para pelancong asing di negri tersebut dan dilupakan oleh kaum mudanya.

 

                Ratusan pabrik telah membuang emisi karbon yang tiada terkira. Kota Beijing menjadi salahsatu kota terpolusi di dunia. Polusi di kota ini membuat cuaca dikala siang menjadi agak mendung karena asap yang dikeluarkan oleh sejumlah pabrik di kota Beijing. Pemerintah Cina kini hendak menutup sejumlah pabrik yang berada di kawasan green olympic....Selain itu bayangkan ratusan ribu mobil melaju tiap harinya di kota Beijing, sementara 10 tahun yang lalu. Jalanan di kota Beijing masing lengang, karena masyarakatnya masih banyak yang menggunakan sepeda. Kemacetan kini banyak terjadi pada jam-jam sibuk. Belum lagi perubahan iklim global yang ektrem membuat padang gurun Gobi semakin membesar, kekeringan yang berkepanjangan melanda Cina Bagian Utara dan badai besar di bagian selatan Cina.

 

                Beberapa waktu yang lalu, sejumlah importir mainan di Amerika Serikat serta Eropa menghentikan pesanan mainan dari Cina dan mengembalikan mainan tersebut yang dianggap mengandung timbal yang berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Bahkan banyak ditemukan kasus-kasus yang berbahaya dari sejumlah produk made in China seperti kasus kematian akibat meneguk obat batuk buatan Cina di negara Amerika Latin. Makanan anjing yang berbahaya sehingga mengakibatkan kematian serta kasus-kasus lain yang mencuat. Bahkan di Indonesia sendiri, dirjen POM segera melakukan sidak akan produk-produk makanan atau obat-obatan dari Cina yang dianggap membahayakan kesehatan. Akibat tindakan ini, pemerintah Cina melakukan serangan balik dengan melarang sejumlah hasil perikanan laut dari Indonesia yang menurut mereka kurang layak untuk dikonsumsi.

 

                Sepertinya pemerintah Indonesia harus segera melakukan langkah yang diambil Cina dalam beberapa hal baik dibidang ekonomi serta penegakkan hukum anti korupsi. Tapi juga belajar untuk mensosialisasikan pembuatan produk yang tidak berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi atau digunakan dengan hukum yang ketat. Pemerintah Cina saja segera menghukum pejabat tinggi mereka yang dianggap lalai sehingga mengakibatkan ditolaknya sejumlah produk yang mengakibatkan kerugian sangat besar serta menutup pabrik yang dianggap melanggar aturan tersebut.

 

                India sedang dilirik dunia saat ini untuk menjadi pilar ekonomi dunia selanjutnya di tahun 2010, Malaysia akan menargetkan menjadi negara maju tahun 2020, sementara Indonesia baru akan menjadi negara maju di tahun 2030.........koq lama bener yakh!!!

 

Hanya impian saja, apabila Indonesia menjadi singa asia maka diperkirakan baru akan dimulai pada tahun 2030...masih sekitar 22 tahun lagi. Berarti Indonesia sudah merdeka selama 85 tahun. Dan Indonesia baru bisa menjadi negara tuan rumah Asian Games pada tahun 2020 dan akan menjadi negara tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 atau Final World Cup 2035. Tapi masih mungkin nggak yakh negeri ini berlari kencang mengejar ketertinggalannya sebelum akhir tahun 2020? CARPEDIEM...............

               

No comments:

Post a Comment