Wednesday, May 21, 2008

The King's Tomb @ Samosir




Masyarakat kuno di pulau Samosir masih menganut animisme sebelum agama Kristen masuk dan berkembang di pulau ini. Peninggalan berupa kuburan batu yang terkenal dengan istilah sarkhopagus juga masih terdapat dan terawat dengan baik dan bahkan menjadi atraksi wisata yang menarik.

Kuburan batu tersebut menandai adanya budaya prasejarah dijaman batu / megalithikum dan di Indonesia bisa ditemukan ratusan kuburan batu yang masih tersisa dan diwilayah samosir ini salahsatu yang terbaik selain di pulau Sumbawa dan Minahasa.

Didalam pemakaman raja ini juga terdapat sebuah bekas pohon besar yang kemudian ditebang karena akarnya mengganggu area pemakaman ini. Pohon yang konon merupakan pohon asli Samosir dan digunakan untuk rumah ini sangat kuat sekali, semakin kering pohon ini semakin keras.

Disebelah utara pemakaman terdapat sebuah tongkat berbentuk tombak Raja Sisingamaraja yang berdiri tegak dan biasa digunakan berperang dijamannya. Tongkat raja ini berdiri tegak dengan ketinggian sekitar 4 m.

Beberapa masyarakat samosir juga masih menganut agama animisme walau sebagian besar sudah menganut agama Kristen. Masyarakat yang menganut animisme ini masih mempercayai bahwa raja Sisingamangaraja masih hidup dan sering menaiki kuda putihnya apabila ada desir angin tiba. Dan mereka masih memberikan sesaji di beberapa tempat yang sakral di pulau samosir ini.

It's our heritage to be preserved well.....

3 comments: