Tuesday, May 20, 2008

The Lost Palace




Istana Maemoon yang megah ini amat disayangkan tidak terpelihara dengan baik. Keindahannya menjadi seakan sirna apabila pemerintah daerah dan keluarga istana duduk bareng dan membiacarakan tentang renovasi istana yang megah ini. Kerajaan Deli adalah cikal bakal kerajaan muslim kedua setelah kerajaan pasai di aceh untuh tanah Sumatra.

Halaman depan istana yang luas hanya dipergunakan untuk bazaar tanaman hias, seharusnya diberi air mancur dan bunga tropis yang indah. Kontras dengan walikota medan yang berusaha memperindah kotanya dengan air mancur yang besar.

Sisi kanan dan kiri istana dipergunakan untuk tempat tinggal keluarga kerajaan. It's a palace not a house.....

7 comments:

  1. Istana yang gak terawat, sangat kontras dengan keraton Yogya misalnya. Padahal didalamnya banyak benda2 pusaka yg bernilai sejarah peninggalan kesultanan Deli...

    ReplyDelete
  2. masih ada meriam buntung?
    dibagian dalamnya kalo ngga salah ada cermin 1000..sebernernya cuman 2 cermin yang diletakan berhadapan. jadi efeknya seperti ada 1000 cermin.
    ada legenda menarik yang dimiliki istana maemoon ini...legenda putri hijau yang katanya diselamatkan saudaranya ke dasar samudera...ada yang nyaris sama dengan legenda jawa. penguasa lautnya adalah ratu yang memakai pakaian berwarna hijau. suatu kebetulan atau kira-kira ada benang merahnya?
    gw 2 kali ke istana ini dulu waktu tahun 88 dan 93, maklum bokap nyokap dari melayu.














    ReplyDelete
  3. dudududu.....ada yg jalan2 ke semarang.....dudududuuduuuu

    ReplyDelete
  4. masih ada meriam buntungnya....cuma yakh sayang....jadi kumuh karena nggak dirawat

    ReplyDelete
  5. Beberapa kali ke Medan tapi belum sempat ke sini. Thanks for sharing.

    ReplyDelete