Monday, May 26, 2008

The Catedral




Selesai sholat jumat sama yudi...langsung mampir ke sebrang untuk mengabadikan The Notredame Church of Jakarta....sekilas gereja Katedral ini mengingatkan saya pada bagian depan gereja Notredame di Paris yang pernah saya saksikan di tahun 1995.

Baru kali ini juga saya masuk hingga ke bagian dalam dan menyaksikan salahsatu rumah Tuhan di muka bumi ini. Dan selalu saja ada perasaan tenang didalam rumah Tuhan...entah di masjid, gereja atau pura sekalipun...dimana setiap manusia selalu berbicara pada Sang Pencipta dengan berkontemplasi.

Patung Madonna (dalam bahasai Italy) yang berarti Bunda Maria sebagai penanda pintu masuk gereja yang begitu megah ini. Gereja Katedral ini baru saja direnovasi sekiar 2/3 tahun yang lalu. Batu luar bangunan tampak begitu kusam,sehingga perlu dipanggil para ahli untuk membuat bangunan luar katedral ini tampak lebih bersih dan atap katedral yang terbuat dari besi baja tahan karat buatan Belanda yg kokoh ini dicat kembali.

Bangunan dalam gereja ini tidak seluas didalam Katedral Notredame di Paris..tapi sangat memikat sekali. Seperti bangunan gereja ala Barok....maka berbentuk salib apabila dilihat dari atas.Bagian kanan dan kiri gereja biasanya digunakan sebagai tempat berdoa dan penempatan orgel atau semacam piano kuno yang terbuat dari pipa besi yang menghasilkan bunyi yang megah dan artistik.

Bangunan cembung yang saling bertemu di atap gereja, dibuat untuk menghasilkan suara yang artistik dan setiap gema yang dipantulkan tidak pecah karena pada jaman dahulu tidak ada alat pengeras suara. Pantulan cahaya yang besar dihasilkan dari kaca patri hias yang indah dibelakang gereja serta di bagian atas altar dimana terdapat kaca patri yang tidak berhias (polos).

Cuma sayang, sisi dalam katedral tidak terbuka untuk umum. Mungkin untuk menghindari perbuatan keji para teroris yang ingin membahayakan umat yang sedang beribadah seperti beberapa tahun yang lalu.

But honestly,I love this catedral.....reminds me of notredame de Paris...

9 comments:

  1. :D jumatannya pindah ya mas :D peace
    kalau lihat interior cathedral saya membayangkan seperti ketika melihat orkestra classic ya

    ReplyDelete
  2. wah boleh ya foto2 disana...?
    biasanya pakai izin..

    ReplyDelete
  3. Long time ago, salah satu teman kantor menikah di gereja ini.
    Dan itulah pertama kali saya masuk gereja dan mengikuti kegiatan di dalamnya.
    Banyak kekeliruan yang terjadi kala itu.... dan saya masih senyum geli mengingatnya :)

    ReplyDelete
  4. kemarin sikh minta ijin dulu...pas masuk ke dalam gerejanya...udah foto2 banyak baru disamperin sama petugas keamanannya...hehehehe...

    ReplyDelete
  5. iya jumatannya pindah bentar...kebetulan pas sholat jumat di Istiqlal...yg jadi imamnya si Aa Gym....trus nyebrang dekh ke sebelah....moto2 bentar....yg masih jadi impian sikh masuk kedalam gereja Basilika di Roma.....keren kali yakh.....sambil lihat lukisan michael angelo di atap basilika......

    ReplyDelete
  6. jadi ingetz da vinci code hehehehe

    ReplyDelete
  7. yup....coba dekh search Notredame di Paris. Desainnya hampir sama dengan katedral jakarta cuma memang kalah luas....Paris Je'taime dekh pokoknya...hiks hiks hiks

    ReplyDelete