Friday, September 12, 2008

Gua Buniayu




Ditempuh dari Sukabumi kearah Segaranten. Jalan aspal dgn sedikit lubang. Setengah jalan menuju Sagaranten (1.5jam), di sebelah kiri jalan ada pos – gapura bertuliskan Gua Buniayu PERHUTANI, Di pintu masuk pertama distop utk pembayaran karcis Pemda (3ribu per orang). Masuk terus lewat kebun pinus sejauh 1.5 km menuruni bukit dgn jalan beraspal lepas. Setibanya di mulut gua ada pos lagi, yg ini punya Perhutani bayar 6 ribu per orang (utk paket 1 jam)

Lokasi gua ini tidak jauh dari air terjun Bibijilan yang baru saja saya posting. Mau coba petualangan seru didalam gua ini, bisa ambil paket wisata 1 jam dengan biaya Rp 60rb (dulu lho tahun 2004)..paket ini sudah termasuk insurance, safety tools dll.

Pertama kali masuk sempat deg-deg an soalnya belum pernah wisata gua sebelumnya....sampe masuk kedalam gua segala dan wisata ini belum terkenal di Indonesia. Jujur saya parno kalau masuk kedalam gua adalah ketemu Ular...i hate snakes!!

Dan baunya agak pengap karena didalam gua banyak terdapat kelelewar dan mengeluarkan bau tak sedap. Didalam gw ini kita bisa melihat stalaktit dan stalagmit bergantungan.

Bahkan ada sungai bawah air yang berair jernih.......sunggu indah didalamnya melihat kristal2 yang dihasilkan oleh tetesan air kapur...seru dekh. Pasti menarik kalau diberi lampu sorot tapi konon lampu sorot ini akan merusak keindahan gua. Dan juga kita tidak boleh usil membuat kerusakan pada stalaktit dan stalagmit gua...karena setiap 1 cm saja butuh waktu bertahun2 kata pemandu.

Disini bisa ditemukan lipan, kalajengking, kodok, ikan gua yang sudah berevolusi tanpa mata...maklum sudah lama hidup di kegelapan. Coba dekh berpetualang di gua ini sekali2....satu lagi konon ada gua bawah tanah didaerah sentul, bogor.........cari tau ah buat ngisi libur lebaran ini...

No comments:

Post a Comment