Tuesday, September 30, 2008

Kang Ta

Musik adalah sebuah bahasa yang universal. Dimusim liburan ini saya mencoba membuka my music box, membuka koleksi CD lagu saya hingga saya baru ingat bahwa beberapa minggu yang lalu mendapatkan satu buah CD original Kang Ta. Kang Ta adalah seorang vokalis pria dari Korea Selatan yang tampil selalu modis. Saya mengenal Kang Ta sekitar tahun 2004 dari sebuah music channel di TV kabel. Saya melihat video klip Kang Ta yang cukup apik dengan lagunya yang menarik buat saya. Kemudian saya mendapatkan CD burning lagu-lagu Kang Ta dari teman saya Alf, yang kebetulan dia juga suka dengan lagu-lagu Kang Ta.

Dan salahsatu saudara saya bekerja di Seoul, Korea Selatan hingga pada tahun 2005 saudara saya kembali ke Jakarta dan membawakan saya oleh-oleh...beberapa buah CD original Kang Ta dan juga beberapa CD artis korea selatan lainnya. Wah senangnya...melihat tampilan CD Kang Ta yang sangat apik dari segi artistik, informatif dan juga lagu-lagunya yang bervariasi mulai dari sweet pop, dance, bossanova hingga jazz..

Di album pertama Kang Ta bertajuk Polaris, saya menyukai lagu “My Life” dan “Last Summer Night” yang lebih ngebeat serta lagu “In Your Eyes” yang lebih sweet pop dan “Dobidub” yang lebih jazzy. Dan seperti lagu-lagu Korea dan Jepang, beberapa kata dalam bahasa Inggris dimasukkan dalam lagu mereka. Sisanya adalah bahasa Korea yang saya tidak pernah tahu artinya. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa musik adalah bahasa yang universal jadi saya masih bisa menikmati lagu tersebut. Terakhir dalam lagu “Rainy Day”, Kang Ta menggambarkan suasana hujan didalam lagunya...menarik sekali!! Bonus yang disediakan juga menarik di CD ini, ada video klipnya, gallery foto, download wallpaper....wow dalam satu CD memuat berbagai macam informasi yang sangat menarik tentang si artis.

Album kedua Kang Ta berjudul Pine Tree dan inilah salahsatu album terbaik Kang Ta. Ada sekitar 15 buah lagu dalam CD tersebut dan banyak lagu yang menarik berirama R&B, jazz, bossanova dan sweet pop. Lagu “Happy Happy” yang berirama swing sangat enak didengar ditelinga saya dan pendengar diajak bergembira sesuai judul lagu tersebut. Kemudian saya diajak untuk flash back dalam mendengarkan lagu yang berirama sweet pop  berjudul “Memories” dan lagu “Coffesion” yang sangat easy listened dan membuat saya sangat menikmati lagu tersebut. Di album ini Kang Ta juga mendapatkan inspirasi dari perjalanan wisatanya di Kuba. Ia menampilkan lagu yang berirama latin jazz di albumnya dengan judul “In Cuba”. Lagu yang berjudul “Pine Tree” sesuai dengan judul albumnya ini menjadi penutup album ini dan dari lagu inilah saya mulai mengenal lagu-lagu Kang Ta.

Album Kang Ta Persona yang ketiga ini pemberian seorang sahabat, dialbum ini Kang Ta mulai memasukan beberapa lagu mandarin didalam albumnya. Mengingat banyak fansnya yang berasal dari cina daratan serta negara lain yang fasih berbahasa mandarin. Di album ini irama R&Bnya lebih kental, agak sedikit berbeda dari dua album sebelumnya yang lebih jazzy. Lagu “Persona” sepertinya lebih mengutarakan kedewasaan Kang Ta dalam bermusik. Satu ciri khas dalam setiap album Kang Ta adalah ia selalu memasukkan beberapa lagu instrumentalia dan beberapa diantaranya diiringi oleh narasi yang memikat. Sayang saya tidak tahu artinya, apabila saya tahu mungkin narasi tersebut berisi sebuah puisi yang indah. Musik instrumen tersebut dibawakan dalam iringan orkestra yang cukup apik. Salahsatu lagu terbaik dialbum ini berjudul The Prayer atau Jamdeun Gido, lagu ini sangat kontemplatif sekali. Entah mengapa setelah saya mendengarkan lagu ini setiap malam sebelum tidur, seperti ada rasa tenang dan kekuatan tersendiri dari lagu ini yang membuat saya terpesona. It’s a sophisticated song!

No comments:

Post a Comment