Wednesday, December 3, 2008

Hot Springs - Guci




Berada diketinggian 1,050 dpl, pemandian air panas Guci adalah sebuah pilihan yang tepat untuk menghabiskan libutran Natal dan Tahun baru ini. Salahsatu teman saya akan menghabiskan liburan Natal dan Tahun baru ini bersama keluarga dengan menggunakan mobil dari Jakarta - Bali pp. Jadi tidak salah untuk menyempatkan diri menikmati wisata air panas ini.

Rute untuk mencapai kawasan wisata air panas Guci dapat ditempuh selama perjalanan sekitar 2,5 jam dari kota Tegal. Sebelum memasuki kota Tegal dan menemukan jalur rel KA lintas utara, maka ambil arah ke kota Bumiayu. Jalan pintas ini kini sudah lebih baik dibanding beberapa tahun yang lalu. Dari kota Bumiayu dapat terus menuju ke Purwokerto dan akan melewati jalan antara Gunung Sindoro - Sumbing.

Dikawasan Guci ini, kita akan melewati jalan berbukit dengan suasana kebun sayuran dan buah-buahan dibeberapa tempat. Hingga sampai dipintu masuk wisata air panas Guci. Ada dua buah pemandian yang bisa dipilih, untuk umum dan satu lagi dengan kolam renang yang cukup baik. Air panas ini mengalir dari Gunung Slamet, karena kebetulan Guci berada dikaki gunung Slamet yang sering batuk-batuk setiap beberapa tahun sekali.

Diarea wisata ini juga banyak terdapat pemondokan hingga hotel dengan tarif yang terjangkau mulai dari Rp 150rb - 500rb/malam/kamar. Ada 13 buah pancuran air panas yang dapat dinikmati untuk menghilangkan segala jenis penyakit kulit hingga untuk relaksasi. Serta ada beberapa air terjun alami berauir panas. Di pemandian umum, jangan malu-malu untuk berendam bersama tetapi apabila ingin lebih privat bisa menikmati kolam renang keluarga.

Dan jangan lupa untuk menikmati sajian sate kambing dan teh panas poci dengan gelas dari tanah liat kecil mungil dan gula batu, dijamin akan ketagihan. Oleh-oleh khas tempat ini berupa satu set peralatan minum teh yang terbuat dari tanah liat seharga Rp 100rb (masih bisa ditawar lho). Untuk anak-anak, mereka bisa diajak naik kuda berkeliling tempat wisata tersebut. Dan semua dijamin murah dan terjangkau....dan yang perlu diperhatikan oleh pemda setempat yaitu kebutuhan akan tempat sampah yang harus diperbanyak dan peraturan yang tegas untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena banyak pengunjung yang sering membuang sampah sembarangan, sehingga membuat beberapa tempat tampak kotor....huh!!

No comments:

Post a Comment