Sunday, October 12, 2008

Postcards from Semarang




Semarang, one of the biggest city in Java yang letaknya tepat ditepian laut Jawa...kesan pertama adalah kota yang panas, semrawut tapi penuh dengan gedung-gedung tua yang indah dan menawan ditambah dengan berbagai macam makanan yang lezat serta murah.

Mau cari makanan khas pecinan hingga yang njawani pun ada ....Sejarah Semarang berawal kurang lebih pada abad ke-8 M, yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Daerah tersebut pada masa itu merupakan pelabuhan dan di depannya terdapat gugusan pulau-pulau kecil. Akibat pengendapan, yang hingga sekarang masih terus berlangsung, gugusan tersebut sekarang menyatu membentuk daratan. Bagian kota Semarang Bawah yang dikenal sekarang ini dengan demikian dahulu merupakan laut. Pelabuhan tersebut diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu sekarang dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada tahun 1405 M. Di tempat pendaratannya, Laksamana Cheng Ho mendirikan kelenteng dan mesjid yang sampai sekarang masih dikunjungi dan disebut Kelenteng Gedong Batu (Sam Poo Kong).

Pada akhir abad ke-15 M ada seseorang ditempatkan oleh Kerajaan Demak, dikenal sebagai Pangeran Made Pandan, untuk menyebarkan agama Islam dari perbukitan Pragota. Dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur, dari sela-sela kesuburan itu muncullah pohon asam yang arang (bahasa Jawa: Asem Arang), sehingga memberikan gelar atau nama daerah itu menjadi Semarang.

And here are all my postcards from the lovely city where my father spent his education at this city years ago....

9 comments:

  1. Ini tempat yang ada penampakan kuntilanaknya yah ??

    ReplyDelete
  2. yup bener bangets....serem masuk ke sini...bulu kuduk dijamin berdiri...

    ReplyDelete
  3. ikut wisata bawah tanahnya dunk? eh, vihara watugong kok gak ada? hehehehe. oia, bernie's castle juga mayan lho.. di daerah kyai saleh deket pesta keboen

    ReplyDelete
  4. yeah... gitu dunk. menunjukkan klo anggota aktif organisasi narsis hahahaha

    ReplyDelete
  5. cuma sampe beberapa meter dari tangga aja.....kagak kuat jauh2 udaranya sumpek ...takut keracunan...sama takut ular...soalnya khan nggak jelas dan ada genangan air....duh yg mentang2 wong semarang je.....bernie's castle dimana tuh???

    ReplyDelete
  6. daku cuma pendatang, aslinya salatiga kok hehehehe.. bernie's castle klo dari pesta keboen maju dikit ada pertigaan ke kanan, sebelah kanan jalan. dulu mangkrak en spooky sekarang malah kerap jadi tempat resepsi kawinan

    ReplyDelete