Monday, July 20, 2009

Mausoleum at Petamburan Memorial Service Park




Selepas mengambil foto di stasiun sepoor (KA) Tanjoeng Priuk, saya kemudian menuju kearah Petamburan. Terinspirasi dari koran Kompas Minggu, saya jadi ingat mantan saya dulu kost di Petamburan. Hampir selama bertahun-tahun saya menjemput dan main kekostannya atau bahkan sering makan sate malam hari dihalaman depan taman pemakaman umum (TPU) Petamburan yang uenak tenan.

Mausoleum merupakan sebuah bangunan berbentuk monument yang digunakan sebagai makam atau kuburan untuk menyimpan jasad orang mati atau abunya. Dan bahkan diagama tertentu disediakan juga sebuah tempat ibadah. Ada banyak mausoleum di dunia seperti Taj Mahal, Pyramid, Mao Zedong and Lenin Mausoleum hingga Astana Giri Bangun di Solo.

TPU Petamburan merupakan salahsatu pemakaman Belanda yang masih tersisa hingga kini dan sebagian besar untuk umat Kristiani. Ketika masuk kearea pemakaman ini tidak ada sesuatu yang spooky, suasananya hiruk pikuk maklum bagian depan makam dijadikan mini soccer dan sedang ada pertandingan tujuh belasan. Mulai dari para pemain, penonton hingga pedagang makanan dan minuman pun ada.

Saya kemudian menuju ketengah pemakaman dimana terdapat salahsatu mausoleum yang terbesar dan terindah di Indonesia yang masih bisa disaksikan. Pemilik mausoleum ini salahsatu orang kaya Tionghoa jaman dulu, dimakamkan tahun 1931 dan mempunyai luas 10 x 10 m persegi. Bangunan tinggi berwarna hijau berlapis marmer impor dari Australia, almarhum adalah salahsatu pengusaha Tionghoa asal Surabaya dan meninggal di Batavia. Kini keluarga beliau juga dimakamkan diarea makam ini.

Ada 5 buah patung yang terdiri 4 buah patung pria bermotif romawi dari pualam yang menandakan siklus kehidupan seorang pria mulai dari bayi, remaja, dewasa dan masa tua. Ditengah makam terdapat patung angel yang cantik tapi dengan raut muka sedih seperti belasungkawa. Sangat cantik sekali dan bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk makam yang cantik ini.

Belum lagi rasa terpana saya usai…terdapat sebuah tangga turun ala bangunan taman di Perancis...terdapat tulisan REST IN VERDE dan bagian bawah terdapat sebuah lorong yang sepertinya tempat untuk menaruh peti jenasah. Sangat indah sekali Cuma saying ada beberapa coretan disana sini dari tangan jahil.

Kehidupan dimakam cukup beragam, ada yang sedang berjualan makanan diarea makam dan bahkan ada beberapa orang yangsedang asyik mengobrol. Tidak jauh dari mausoleum tersebut terdapat sebuah pemakaman Tionghoa yang beraneka ragam mulai dari gaya art deco hingga yang minimalis. Dan bahkan ada sebuah makam untuk menyimpan abu orang Jepang. Selesai berkeliling dan foto2 dimakam, saya berjalan keluar.

Tiba-tiba ada rasa panas dipunggung saya, entah apa dan memang panas cukup terik tetapi tidak sepanas ini. Wah saya jadi nggak enak…ada perasaan takut juga. Padahal saya sudah kulonuwon dalam hati….hmm…saya agak sensi dalam xxx files memang. Tapi ya sudah maksud saya baik koq dan minta maaf apabila tidak berkenan diambil foto “rumahnya”. Namanya juga fotografer amatiran…

Saya kemudian nyuwon sewu kepada para "penunggu" dan langsung menuju keparkiran, gone by the wind…..Jakarta memang indah…semuanya ada …hingga para bajingan teroris itu mengganggu jadwal liburan saya kali ini….

15 comments:

  1. sebenernya bukan serem sih, tapi atmosphere nya agak beda...ini salah satu tempat yg mungkin sangat gw hindari bro selain caving tentunya..

    ReplyDelete
  2. hahaha...takut bener sikh bro
    gpp kalee...secara kita manusia kan lebih hebat dari bangsa jin...hihii...
    ya berdoa aja kali

    ReplyDelete
  3. kereeen boss. pas di sini gak ada yg minta 50 rebu kan? hehehe ........

    ReplyDelete
  4. jadi inget city of angel, supernatural and tru calling :D

    ReplyDelete
  5. hahaha...tenang aja
    gratis koq...cuma pas disana gw dipanggil Om...
    dikirain ziarah makam ke family...hehehe

    ReplyDelete
  6. yup....angel in griefnya itu lho
    keren banget ...mereprentasikan seseorang yang sedang bersedih
    dari berbagai angle tetep cantik...
    it has a soul, I think....

    ReplyDelete
  7. the one which gave u that sense of warmth? :p

    ReplyDelete
  8. bukan hangat lagi tapi panas kaleee...
    hehehe.......

    ReplyDelete
  9. hehehehehehehehe.... saking nepsunya tuh spirit :D

    ReplyDelete
  10. kagak suka kali ye rumahnya gw poto2...hihi....
    padahal dikuburan banyak yg jual makanan
    ada yg lagi nyari kutu
    ada yg pipis sembarangan
    ada yg lagi tiduran
    malah gpp....udah biasa kali yee

    ReplyDelete
  11. ato emang dia dulunya narsis kak makanya nepsong liat kameramu :D

    ReplyDelete
  12. emang keren abiz tuh mausoleum

    ReplyDelete
  13. tempat penyimpanan jenazahnya mbak...jadi bagian atas untuk hiasan saja

    ReplyDelete