Monday, January 19, 2009

Kabluey




Hilarious! Menyaksikan film indie ini membuat saya tersenyum dan bahkan sangat menghibur. Film ini ditulis, disutradarai dan diperankan oleh Scott Prendergast serta dibintangi oleh Lisa Kudrow.

Leslie (Lisa Kudrow) harus berjuang membesarkan dua orang anaknya disebuah kota kecil dan sementara suaminya bertempur di Irak sebagai pasukan nasional negri Paman Sam. Dua anaknya yang super nakal membuat Leslie kewalahan dan membutuhkan seorang pengasuh anak karena ia juga bekerja disebuah perusahaan.

Oleh karena itu, Leslie mempekerjakan Salman (adik suaminya yang pengangguran) sebagai pengasuh kedua anaknya disaat ia sedang bekerja. Salman (Scott Prendergast) sendiri berumur 31 tahun dan hidup tanpa pekerjaan, bahkan ia tidak mempunyai uang sepeserpun untuk naik bus ke Nevada. Hari pertama mengasuh sepupunya yang masih kecil merupakan sebuah bencana bagi Salman. Berbagai macam terror ia jalani dari kedua mahluk kecil itu.

Hingga pada suatu saat, Salman mendapatkan tawaran pekerjaan dari Leslie. Ia menyempatkan diri untuk melakukan interview pertamanya dan langsung diterima. Pekerjaannya adalah sebagai pembagi flyer dijalanan dengan memakai kostum blue nexian, sebuah baju ikon badut berwarna biru yang menggemaskan. Bayarannya sebesar USD 8 perjam dan cukup menggiurkan bagi Salman yang seorang pengangguran. Hari pertama bekerja, ia ditempatkan disebuah jalan raya yang berada ditengah ladang jagung yang luas.

Panas terik dan susahnya membuka baju badut harus ia jalani. Dalam perjalanan sebagai seorang badut pemberi flyer, ia bertemu dengan beberapa orang yang membuat hidupnya semakin beragam. Hingga suatu saat, seorang wanita menghampirinya dan mengundangnya untuk menjadi badut hiburan diacara ulangtahun anaknya. Tawaran menarik dengan bayaran 100 USD segera ia ambil.

Ketika menjadi badut diacara ulangtahun tersebut, ia melihat dua orang sepupunya terdiam melihat sebuah badut lucu berwarna biru. Salman merasa terenyuh dan seketika ia menggendong kedua sepupunya serta menghibur mereka. Ketika acara ulangtahun berakhir, kedua sepupunya melihat Salman berganti kostum. Seketika kelakuan bocah super nakal itu berubah menjadi dua orang mahluk kecil yang manis. Mereka membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang besar dari kedua orangtuanya.

Salman juga menemukan bahwa Leslie selingkuh dengan bossnya dikantor, hingga ia tergerak untuk memberikan pencerahan kepada Leslie bahwa bossnya tersebut adalah seorang bajingan. Diakhir cerita, Leslie menyesali perbuatannya dan sang suami baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai prajurit perang di Irak.

Film ini cukup sederhana, ringan serta alur cerita yang mudah dicerna dan merupakan film berbiaya rendah. Penampilan Scott yang lucu sebagai badut dengan bahasa tubuhnya yang aneh serta pengambilan gambar dari berbagai macam sudut yang baik, membuat film ini layak untuk disaksikan. Salahsatu pesan yang ingin disampaikan yaitu mengenai efek perang yang dijalankan oleh Amerika pada para keluarga prajurit perang mereka. Banyak istri dan anak dari para prajurit perang Amerika yang diterjunkan di Irak merasa kehilangan moment kebersamaan. Mungkin Scott ingin menyentil pemerintahan Bush waktu itu yang menyetujui perang di Irak melalui film ini yang bertema kekeluargaan. Two thumbs up!!

No comments:

Post a Comment