Tuesday, January 1, 2008

It's Blogger Time, Bung

                    Kali ini saya mempunyai hiburan baru dalam mengisi liburan akhir tahun yang saya sendiri bingung akan saya habiskan kemana. Hiburan baru saya adalah mengupdate isi blog saya dimultiply.com – http://katawaktu.multiply.com. Mengapa saya memilih Katawaktu sebagai sebuah judul blog saya pribadi kali ini, kata Katawaktu sendiri saya ambil dari sebuah buku karangan Gunawan Muhamad “KATAWAKTU” yang berisi catatan kecilnya dari tahun 1980an hingga tahun 2000an. Mungkin apabila situs-situs blog sudah bermunculan di era tahun 1980an, saya sangat yakin Pak Gunawan pasti sudah asyik menulis di laptopnya dan mengupdate blog terbarunya tiap hari dengan berbagai macam tulisan yang sangat menarik untuk dibaca dan diulas kembali.

                Katawaktu sendiri saya gunakan sebagai kumpulan tulisan saya berisi tentang berbagai macam hal yang terjadi dalam kehidupan didunia yang telah saya lalui detik demi detik. Ada keuntungan lainnya, saya bisa memuat berbagai macam foto-foto yang saya dapatkan dari kamera digital, kalender perjalanan serta, mendapatkan teman-teman baru dalam dunia maya, serta yang paling menarik adalah menyalurkan hobi menulis saya.

                Tahun 2005an saya sangat tertarik sekali dengan apa yang namanya friendster, karena sedang booming waktu itu. Tapi kelemahan di friendster adalah kita bisa menyembunyikan jati diri kita dan banyak digunakan sebagai ajang cari jodoh or new partner. Banyak dari mereka yang kadang mengupload foto-foto narsis mereka atau bahkan foto orang lain, intinya banyak yang fake. Di situs blog seperti multiply, saya harus berani membuka diri. Karena disini pribadi saya bisa terbaca dari tampilan foto serta tulisan yang dimuat. Kita bisa memuat apa saja yang kita mau tanpa harus malu untuk menjadi diri sendiri.

                Di multiply juga bisa untuk dijadikan ajang promosi baik dari sisi bisnis atau untuk menjalin jejaring sosial yang baru. Seperti teman saya “Arifien” yang biasa saya panggil “Ipin” dan sering saya cela, dia selalu menuliskan apa saja yang terjadi dalam kehidupan pribadinya dan kadang dia memuat hasil karya artistik fotografinya. Dari jejaring sosial saja, dia sudah mendapatkan lebih dari 1000 teman baru dari situs blog ini dan masuk dalam jajaran 500an blog terfavorite di Indonesia, bravo dude!!

                Dan teman saya Ira yang suka menuliskan kisah perjalanannya dalam bentuk tulisan di multiply. Good job, girl! I like to read it....

                Belum lagi blog karya Iwan DJ or Anton, disini saya melihat kepiawaannya dalam fotography, karya-karyanya sangat artistik sekali. Berbagai macam jepretan fotonya bisa menimbulkan berbagai macam komentar yang sangat menarik. Setiap foto yang dihasilkan sangat indah dan saya sangat yakin bahwa banyak orang yang memintanya untuk menjadi fotografer untuk keperluan pribadi......It’s a good business, bro!!

                Multiply bisa dijadikan ajang porto folio yang baik untuk seorang individu pelaku seni dan pembelajaran bagi penikmat seni. Bukan itu saja dari sekadar hobi menulis di blog, kumpulan tulisannya dapat dijadikan sebuah buku seperti yang telah dilakukan teman saya Faiz. Selain itu banyak kalangan selebritas yang tergila-gila menulis di blog pribadi dan akan dibaca oleh ratusan dan bahkan ribuan fansnya. Blog menjadi sebuah hiburan baru di era digital.

                Menjadi seorang blogger juga menghadapi berbagai kendala seperti dibutuhkan waktu yang khusus untuk menuangkan seluruh macam hal yang ada dipikiran dalam bentuk tulisan atau mengupload foto-foto yang telah dihasilkan. Layanan blog sendiri harus terjalin dalam jaringan internet yang diIndonesia sendiri masih sangat terbatas. Belum lagi lamanya koneksi internet pada saat ingin mengupload sebuah tulisan atau foto (yang ini bisa sangat lama sekali apabila bytenya cukup besar).

                Dikantor saya sendiri yang menggunakan tehnologi wireless internet saya masih sering kesal dengan lamanya koneksi yang terjadi pada saat ingin mengupload. Belum lagi kisah teman saya yang tidak bisa membuka situs multiply.com dikantornya, karena menurut pihak IT – multiply adalah sarana untuk chatting. Errr....is it right?? Jam segini masih ada saja kantor yang membatasi kebebasan beraktifitas melalui internet.

                Sementara buat saya jaringan internet adalah sesuatu yang sangat penting, dikantor lama saya tidak mungkin melakukan percakapan jarak jauh Jakarta – Kuala Lumpur tiap saat ada yang penting untuk dibahas.  Chatting di internet adalah solusi yang terbaik, tercepat dan termurah. Dikantor saya yang baru, saya sempat marah dengan orang IT dikantor karena terputusnya jaringan internet selama dua hari.

                Dibalik semua kendala diatas, kita masih bisa mengatasinya. Warnet menjadi salahsatu pilihan untuk beraktifitas pada blog pribadi atau tempat-tempat tertentu yang menyediakan layanan jasa Wi Fi/hot spot. Tapi apakah semua orang di Indonesia yang suka beraktifitas diblog mempunyai laptop?

                Saya pribadi pernah mempunyai kesialan tersendiri dalam menulis di blog multiply, tulisan saya hilang begitu saja pada saat saya ingin mencopynya, ternyata yang saya tekan adalah paste. Hilanglah semua yang sudah saya tulis, karena tadi saya mengcopy paste suatu hal. Maka kali waktu dan hingga saat ini, saya memulainya di microsoft word, disimpan dalam USB kemudian mulai diupload pada multiply, baru saya revisi.

                Tahun 2008 adalah tahun kebangkitan para blogger di Indonesia, curahkan seluruh karya anda di blog pribadi, buat secantik dan semenarik mungkin. Karena situs blog pribadi adalah portofolio anda dan tidak mungkin suatu saat apabila HRD menanyakan apakah anda mempunyai blog prIbadi, silahkan tunjukkan dengan bangga. Dan apabila rekan bisnis anda ingin tahu banyak tentang bisnis anda di blog .....prove it! Coz It’s blogger time, Bung! CARPEDIEM.........

No comments:

Post a Comment