Monday, January 21, 2008

Taman Safari di Bali

Guys, udah ada yang pernah ke Taman safari di Bali belum??? Pengen tau aja gitu isinya.....kalau yang di Prigen dan Cisarua khan udah sering....nah yang ini belum pernah euy...

Kini di pulau dewata Bali, telah hadir taman safari ketiga di Indonesia. Taman Safari ini punya nama internasional Bali Safari and Marine Park. Taman yang masih gres ini terletak di Desa Lebih, kabupaten Gianyar. Gianyar merupakan kota yang menjadi pusat budaya dan kesenian Bali, berjarak hanya 30km dari tempat pariwisata terpopuler di Bali, Pantai Kuta. Terletak pula di jalur strategis pulau Bali, yaitu tepatnya berada di jalan bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km 19,8. Taman safari ini dihadirkan oleh Taman Safari Indonesia dan telah diresmikan oleh Gubernur Bali Dewa Beratha pada 9 Oktober 2007 yang lalu.

Taman Safari Bali ini akan memberikan pengalaman yang sungguh berbeda kepada siapa saja yang mengunjunginya karena menyajikan sebuah kombinasi yang begitu unik antara kehidupan alam liar dengan pengaruh budaya Bali yang kuat. Taman yang punya total luas 40 hektar ini dilengkapi dengan kendaraan khusus yang siap mengantarkan pengunjung untuk berinteraksi dengan kurang lebih 400 binatang yang terdiri atas 80 spesies dari 3 kawasan yang berbeda yaitu dari Indonesia, India dan Afrika.

Konsep bersafari yang ditawarkan sangat berbeda, di mana semua pengunjung dapat menikmati kehidupan satwa dan alamnya dengan menaiki mobil-mobil yang telah disiapkan secara khusus. Sebagai permulaan dari penjelajahan seru ini, pengunjung akan disambut dengan koleksi Kerbau Jawa dan Harimau Putih yang berasal dari benteng Ranthambore, India.

Taman Safari Bali ini tentunya dilengkapi dengan beberapa fasilitas menarik yang bisa membikin betah para pengunjung di sana. Yang utama tentunya yaitu koleksi binatang liarnya yang semuanya ditempatkan dalam habitat yang alami. Selain itu terdapat pula beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti arena rekreasi yang menarik, Fun Zone, teater Bali yang menakjubkan, cottage dan bungalow yang siap digunakan bagi pengunjung yang ingin menginap di sana dan tentunya terdapat pula beberapa restoran yang menyajikan beragam makanan.

Untuk masuk, pengunjung dikenakan biaya Rp75.000,- per orang bagi turis domestik sedangkan untuk turis asing mendapat tarif beda, sebesar US$25 per orang. Kawasan Fun Zone disediakan khusus untuk anak-anak berusia maksimal 10 tahun di mana mereka bisa mencoba beberapa arena bermain yang bertarif Rp10 ribu sekali main seperti Mery Go Round, Clumbing Car dan Go Go Bouncer. Pengunjung juga bisa mencoba menunggang kuda poni atau unta dengan tarif Rp20 ribu, sedangkan untuk berkeliling dengan menunggang gajah selama 30 menit dikenai tarif Rp100 ribu. Seperti di taman safari lainnya juga, pengunjung bisa berfoto dengan beberapa binatang dengan cukup membayar Rp20 ribu. Bagi yang ingin berenang juga disediakan arena Water Park dengan tiket masuk Rp20 ribu per orang.

Tempat makan di sini punya keistimewaan tersendiri karena semua langsung berlatar belakang lokasi taman safari yang berpemandangan indah. Yang paling istimewa tentunya restoran Tsavo Lion yang bernuansa Afrika. Restoran yang terletak di Mara River Safari Lodge, yang juga merupakan tempat tinggal dari para singa. Dengan adanya dinding kaca yang mengitari bagian luar restoran ini maka pengunjung berkesempatan menikmati sajian mereka, ditemani dengan seringaian binatang karnivora tepat di sebelahnya.

Selain menjadi tempat berwisata yang menyenangkan, taman safari juga menjadi tempat perkembang-biakan bagi hewan-hewan yang terancam punah di mana dikenal dengan istilah tempat konservasi ex-situ. Sekarang ini Taman Safari Bali akan mencoba mengembang-biakan harimau putih dari India yang sangat langka. Dalam areal wisata tersebut juga disuguhkan berbagai nuansa budaya Bali, Sulawesi dan India.

No comments:

Post a Comment